Monday, October 17, 2011

Jalan-Jalan ke Pulau Saugi


Udah lama nggak nulis karena lagi sibuk-sibuknya belajar. Maklum menjelang ujian. Tapi sewaktu liburan dua bulan yang lalu saya sempat jalan-jalan ke Pulau Saugi Desa Mattiro Baji Kecamatan Liukang Tupabbiring Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan.

Gambar disamping adalah kondisi terumbu karang di Pulau Saugi.
Keadaan terumbu karang di Pulau Saugi masih dalam kondisi baik. Faktor penyebabnya adalah nelayan di pulau tersebut hanya menggunakan alat-alat tradisional sebagai alat untuk menangkap ikan.
Perkembangan teknologi penangkapan ikan sudah berkembang secara pesat bahkan pengunaan bius dan bom menjadi cara penangkapan yang marak digunakan di daerah lain. Uniknya, nelayan di pulau ini jarang bahkan tidak ada yang menggunakan bom, bius (pukat harimau), dan jaring traul. Nelayan pada umumnya menggunakan lepa-lepa dan kapal biasa dengan alat tangkap dogol (traul kecil yang dikenal dengan istilah dogol). Sebagian nelayan juga masih menggunakan alat tradisional yaitu jaring, pancing rawe, dan bubuh kepiting.
Di Pulau Saugi masyarakat dan para nelayan sangat menjaga dan melindungi secara protektif terumbu karang yang terdapat di wilayah sekitarnya. Rata-rata tingkat pemahaman masyarakat tentang harus diadakannya perlindungan dan pelestarian terhadap terumbu karang sudah baik, tingkat kesadaran untuk melindungi terumbu karang pun sangat tinggi sehingga terumbu karang di Pulau Saugi tetap terjaga kelestariannya. Selain itu juga telah ada alur penangkapan yang telah ditentukan. Sehingga alat tradisional yang biasanya dipakai nelayan Pulau Saugi yang mengangkut semua biota laut tidak lagi terjadi karena telah memiliki jalur tersendiri.

Review Hadalabo Gokujyun Ultimate Moisturizing Lotion

Kali ini saya mau review hadalabo gokujyun ultimate moisturizing lotion untuk kulit kering dan normal. Hasil review ini setelah pemakaian 2 ...