Sunday, February 24, 2019

LAMUN YANG DAPAT DITEMUKAN DI PULAU BARRANG LOMPO

Secara administratif, pulau Barrang Lompo termasuk wilayah kecamatan Ujung Tanah, dan berada di zona II Kepulauan Spermonde yang berjarak 12, 77 km dari kota Makassar.  Pulau berbentuk bulat dengan luas 19, 23 ha.  Jumlah penduduk mencapai 3, 563 jiwa dari 800 KK yang terkonsentrasi pada sisi Timur, Selatan, dan Barat pulau.  Mayoritas penduduknya bekerja sebagai nelayan, dan pedagang.  Bentuk topografi terumbu berupa reef flat dengan kedalaman terumbu antara 1 sampai 17 meter (Sumartjitho, 2011).
Lamun dapat ditemukan di seluruh dunia kecuali di daerah kutub. Lebih dari 52 jenis lamun yang telah ditemukan. Di Indonesia hanya terdapat 7 genus dan sekitar 15 jenis yang termasuk ke dalam 2 famili yaitu : Hydrocharitacea ( 9 marga, 35 jenis ) dan Potamogetonaceae (3 marga, 15 jenis). Jenis yang membentuk komunitas padang lamun tunggal, antara lain : Thalassia hemprichii, Enhalus acoroides, Halophila ovalis, Cymodoceae serulata, dan Thallasiadendron ciliatum. Dari beberpa jenis lamun, Thalasiadendron ciliatum mempunyai sebaran yang terbatas, sedangkan Halophila spinulosa tercatat di daerah Riau, Anyer, Baluran, Irian Jaya, Belitung dan Lombok. Begitu pula Halophila decipiens baru ditemukan di Teluk Jakarta, Teluk Moti-Moti dan Kepulaun Aru (ITI-IPB, 2007).
Beberapa jenis lamun yang dapat ditemukan di Pulau Barrang Lompo diantaranya

Lamun Tropis Enhalus acroides
Disebut Lamun Tropis karena kebanyakan ditemukan didaerah tropis. Tumbuhan ini memiliki rhizoma yang ditumbuhi oleh rambut-rambut padat dan kaku dengan lebar lebih dari 1,5 cm, memiliki akar yang banyak dan bercabang dengan panjang antara 10 – 20 cm dan lebar 3 – 5 mm. Daun dari tumbuhan ini dapat mencapai 30 – 150 cm dengan lebar 1,25 – 1,75 cm. akar E. acoroides dapat mencapai panjang lebih dari 50 cm sehingga dapat menancap secara kuat pada substrat.Memiliki fibrous bristle berwarna hitam yang berada dalam tepi daun yang berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan.
E. acoroides ini hidup pada perairan yang terlindung dengan substrat pasir atau lumpur liat dan lumpur dimana bioturbidity besar.  Lamun Enhalus acoroides dapat beradaptasi dengan perairan keruh akibat tingginya laju siltasi (kekeruhan) dari daratan jika terdapat sinar matahari dan unsur-unsur nutrisi yang diperlukan masih mencukupi. Lamun hidup di perairan yang dangkal dan jernih, dengan sirkulasi air yang baik. LamunEnhalus acoroides adalah salah satu jenis lamun di perairan Indonesia yang umumnya hidup di sedimen berpasir atau berlumpur dan daerah dengan bioturbasi tinggi. 

Lamun serabut Halodule  unninervis
Disebut lamun serabut karena ukurannya yang kecil dan berupa serabut-serabut. Spesies ini memiliki karakteristik tulang daun tidak lebih dari tiga, daun selalu berakhir pada tiga titik yang jelas pada ujung daun, ciri khas pada spesies ini adalah ujung daun seperti trisula, bagian tengah tulang daun yang hitam biasanya mudah robek menjadi dua pada ujungnya.

Lamun jarum Syringodium isoetifolium
Disebut lamun jarum karena strukturnya silindris kecil seperti jarum. Ciri – ciri morfologi pada Syringodium isoetifolium adalah daun berbentuk silindris dan panjang, akar tiap nodus majemuk dan bercabang, tangkai daun berbuku – buku, tiap tangkai daun terdiri dari 2 – 3 helai daun, panjang tangkai daun + 6 – 7 cm, jarak antar nodus + 2 cm dan rimpangnya tidak berbuku – buku.

Lamun dugong Thallasia  hemprichi
Disebut lamun dugong karena merupakan lamun yang kebanyakan dikonsumsi oleh dugong. T. hemprichii merupakan salah satu jenis lamun yang tumbuh di perairan tropik dan penyebarannya cukup luas. Lamun jenis ini sangat umum dan banyak ditemukan di daerah rataan terumbu, baik yang tumbuh sendiri-sendiri (monospesifik) maupun yang tumbuh bersama-sama dengan lamun jenis lain atau tumbuhan lain (mixed vegetasi).
T. hemprichii mempunyai rimpang (rhizoma) yang berwarna coklat atau hitam dengan ketebalan 1 – 4 mm dan panjang  3 – 6 cm. Setiap nodus ditumbuhi oleh satu akar dimana akar dikelilingi oleh rambut kecil yang padat. Setiap tegakan mempunyai 2 – 5 helaian daun dengan apeks daun yang membulat, panjang 6 – 30 cm dan lebar 5 – 10 mm. Seludang daunnya keras dan jelas terlihat pelepahnya di rhizome karena jika tua pelepahnya tidak terlepas ketika helaian daunnya lepas, sehingga menyisakan berkas pelepah berupa seludang daun.
Lamun dugong (Thalassia hemprichii) merupakan salah satu jenis tumbuhan perairan yang telah diketahui mengandung steroid/triterpenoid, flavonoid, saponin, dan tannin yang dapat digunakan sebagai sumber obat-obatan yang dapat ,mencegah munculnya penyakit dengeneratif.

Lamun Sendok Halophila ovalis
Disebut lamun sendok karena struktur daunnya oval mirip sendok. Pertumbuhannya cepat, dan merupakan jenis pionir. Umum dijumpai pada substrat berlumpur, dapat merupakan jenis yang dominan di daerah intertidal dan mampu tumbuh sampai kedalaman 25 meter. Ciri – ciri morfologi dari Halophila ovalis adalah tiap nodus terdiri dari 2 tegakan, mempunyai akar tunggal di tiap nodus, tulang daun menyirip dan berjumlah + 10 – 25 pasang, jarak antar nodus + 1,5 cm, panjang helai daun + 10 – 40 mm dan panjang tangkai daun yaitu + 3 cm.

Cymondocea serrulata
Disebut juga Cymondocea serrulata  karena pada ujung daun memiliki sedikit gerigi sehingga dinamakan serrulata (serratus = bergerigi).  Seludang daun kokoh, terdapat pelepah daun yang merupakan daun yang terlepas yang menyisakan pelepahnya yang membentuk seludang. Terdapat di daerah intertidal, umumnya dijumpai di daerah intertidal didekat hutan mangrove. Ciri – ciri morfologi dari Cymodocea serrulata adalah tepi daun bergerigi/seperti gergaji, akar tiap nodus banyak dan bercabang, tulang daun sejajar, lebar daun dari samping ke samping + 1 cm, jarak antar nodus + 2 cm, jumlah tulang daun pada sehelai daun antara 13 – 17 buah, tiap nodus hanya ada satu tegakan, dan satu tegakan terdiri dari 2 – 3 helai daun.

No comments:

Post a Comment

Review Hadalabo Gokujyun Ultimate Moisturizing Lotion

Kali ini saya mau review hadalabo gokujyun ultimate moisturizing lotion untuk kulit kering dan normal. Hasil review ini setelah pemakaian 2 ...