Monday, May 25, 2020

Kartu Prakerja (Cara Mendapatkan Kartu Prakerja dan Alasan Mengapa Kamu Harus Daftar Kartu Prakerja)

Kali ini saya mau berbagi info seputar kartu prakerja, karena kebetulan saya lolos kartu prakerja gelombang 3. Nah, berikut mungkin info-info penting yang perlu kamu ketahui seputar kartu prakerja

Kartu prakerja itu untuk siapa sih?
Kartu prakerja diperuntukkan untuk WNI berusia 18 tahun keatas yang tidak sedang bersekolah/ kuliah. Diprioritaskan untuk yang muda, pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak COVID 19. 

Apakah yang bekerja juga bisa ikut mendaftar kartu prakerja ini?
Bagi yang telah bekerja, karyawan, dan korban PHK juga bisa mendaftar kartu prakerja

Kapan saya bisa mendaftar kartu prakerja? 
Saat ini jadwal pendaftaran terdekat adalah gelombang 4 yang dimulai tanggal 26 Mei 2020 (Namun info saat ini gelombang 4 ditunda pembukaannya). Pendaftaran kartu prakerja akan dibuka sebanyak 30 gelombang sepanjang tahun 2020

Mengapa saya harus mendaftar kartu prakerja? Apa sajakah manfaat yang bisa saya dapatkan dari kartu prakerja?
Ada banyak sekali manfaat dari kartu prakerja, banyak yang salah pahan dan beranggapan bahwa kartu prakerja hanya berisi bantuan yang dapat digunakan hanya untuk membeli program pelatihan daring, namun itu tidaklah tepat, berikut uraian manfaat dari karru prakerja
1. Bantuan pelatihan 1 jt (berupa saldo yang masuk ke akun prakerja mu dan hanya dapat digunakan untuk membeli paket pelatihan)
2 . Mendapatkan insentif pelatihan sejumlah Rp. 600.000,-/bulan (selama 4 bulan) dan insentif survey keberkerjaan Rp. 50.000,-/survey (akan ada 3 survey)
3. Skill baru yang didapatkan dari pelatihan online yang pastinya ada sertifikatnya
Note : 
-jika lolos dan mendapatkan bantuan pelatihan sebesar 1jt, bantuan tersebut harus digunakan dalam kurun waktu 30 hari sejak diterima (jika tidak digunakan maka saldonya kembali ke kas negara dan di distribusikan ke peserta lainnya), dan wajib digunakan dalam tahun anggaran berjalan. Jadi sebaiknya ketika mendaftar sering-seringlah mengecek akun karena jika lolos maka saldo tersebut harus segera digunakan. Pembelian paket pelatihan daring dapat dilakukan di aplikasi tokopedia, skill academy, Mau belajar apa, bukalapak, pintaria, sekolahmu, kemnaker dan pijar
-Insentif (poin no.2) hanya diperoleh jika telah menyelesaikan minimal 1 pelatihan yang ditandai dengan adanya sertifikat (waktu tunggunya 7x24jam), telah memberikan ulasan terhadap lembaga pelatihan, dan telah berhasil menyambungkan no. Rekening e wallet website www.prakerja.go.id

Apa sih bedanya insentif dengan biaya pelatihan?
Insentif ini berupa bantuan biaya yang bisa digunakan untuk apa saja (berbeda dengan biaya pelatihan yang hanya dapat digunakan untuk membeli paket pelatihan daring). Penyaluran insentif maksimal 7 hari kerja setelah semua persyaratan terpenuhi.
Tips untuk insentif ini sebaiknya jika diberi pilihan untuk penyaluran insentif jika ingin menggunakan uangnya secara tunai maka hubungkan ke no. Rekeningmu, tapi jika tidak ingin maka bisa dihubungkan ke gopay atau ovo maka insentifnya nanti akan masuk ke gopay atau ovo mu

Bagaimana cara mendapatkan kartu prakerja?
-Buka situs Prakerja
-isi formulir dan unggah dokumen (dokumen yang diminta berupa foto KTP dan foto selfi diri memegang KTP). 
-Kemudian ikuti tes motivasi dan kemampuan dasar selama 15 menit (tesnya hanya berupa pertanyaan dasar dan matematika dasar)
-tunggu email pemberitahuan setelah menyelesaikan tes, setelah mendapatkan email kembali kesitus dan gabubg ke gelombang. (Namun, pada kasus ini tidak semua orang mendapatkan email termasuk saya, jadinya setelah mengerjakan soal saya langsung gabung dengan gelombang yang terbuka).

Saya sudah mendaftar kartu prakerja namun belum lolos, kira-kira kenapa ya?
Hal ini juga menjadi pertanyaan saya karena setelah 3 kali mendaftar barulah saya lolos dan mendapatkan kartu prakeja. Dari hasil bertanya kepada teman-teman yang lolos gelombang 1 merupakan orang yang menjawab "terkena dampak COVID 19" pada tes kemampuan dasar (tentu saja hal ini mengacu dari orang-orang yang ditargetkan oleh program ini), selain itu jangan berkecil hati dan terus menerus mendaftar ke tiap gelombang yang dibuka, karena pemyebab utama kamu tidak lolos disebabkan karena penuhnya kuota untuk gelombang ini, karena tiap gelombang dibatasi 200.000 orang sedangkan yang mendaftar jutaan, sehingga tiap gelombangnya sangat dibatasi.

Jika mendaftar gelombang yang baru apakah saya harus mengerjakan tes lagi?
Tidak, untuk mendaftar gelombang yang baru jika kamu digelombang sebelumnya sudah mengikuti tes, maka digelombang berikutnya cukup dengan menekan tombol bergabung dengan gelombang yang baru.

Kapan saya mengetahui bahwa saya diterima pada gelombang tersebut dalam program kartu prakerja?
Berdasarkan pengalaman yang saya alami, sebelum lolos pada gelombang ketiga maka saya mendapatkan pemberitahuan seperti gambar berikut.
Nah, jika kamu sudah mendapatkan pemberitahuan untuk menyambungkan rekening sebaiknya segera sambungkan (kamu dapat memilih antara no.rek, gopay atau ovo yang mana dapat digunakan untuk menerima uang insentif setelah melakukan penelitian). Setelah selesai mengisi maka akan terbuka halaman baru yang menyuruhmu untuk bergabung ke gelombang tersebut, maka segeralah bergabung dan jangan lupa untuk selalu mengecek akun prakerjamu. 
Jika kamu lolos maka tampilan dasboard mu akan menjadi seperti ini

Ini adalah tampilan yang menandakan bahwa kamu akan mendapatkan kartu prakerja, walaupun  tulisan kartu prakerja nya masih dalam proses, setelah maksimal 7x24 jam maka no. Kartu dan juga saldo akan muncul, selanjutnya kamu sudah bisa membeli paket pelatihan. 

Sebaiknya saya membeli paket pelatihan atau program pelatihan persatuan?
Setelah diberi saldo 1 jt maka kita bebas untuk memilih program pelatihan apa yang dapat kita ambil, sayangnya biasanya program pelatihan harganya berkisar 100-500k, wah rugi dong masih ada banya saldo yang tersisa. Untuk sisanya sebenarnya kita bisa mengambil paket pelatihan lainnya namun dengan syarat pelatihan pertama telah selesai dan kita mendapat sertifikatnya dan waktu pengurusannya biasanya memakan waktu 7x24jam, nah makanya saya lebih menyarankan untuk mengambil paket prakerja, karena untuk program paket biasanya dah lengkap dan harganya pas 1jt sehingga semua saldonya terpakai.

Jika ada pertanyaan yang belum terjawab maka  silahkan ditanyakan di kolom komentar ataupun mengecek ini FAQ kartu prakerja

3 comments:

  1. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    -bandar 66
    -perang baccarat (new game )
    Dapatkan Berbagai Bonus Menarik..!!
    PROMO MENARIK
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) |
    Whatshapp : +855969190856

    ReplyDelete
  2. bagi anda yang mencari info harga bahan bangunan kunjungi https://jasa.secretland.xyz

    ReplyDelete

Review Hadalabo Gokujyun Ultimate Moisturizing Lotion

Kali ini saya mau review hadalabo gokujyun ultimate moisturizing lotion untuk kulit kering dan normal. Hasil review ini setelah pemakaian 2 ...