Pages

Thursday, November 4, 2010

MENGAPA SIH TERUMBU KARANG PERLU DI JAGA???

Mengapa sih terumbu karang perlu di jaga???-Pertanyaan seperti ini mungkin kadangkala melintas dipikiran kita. Apa yang menyebabkan sehingga terumbu karang harus dijaga dan dilestarikan??? Kami kan tidak tinggal di daerah pesisir jadi untuk apa kami menjaga ekosistem terumbu karang???
Mengapa sih terumbu karang perlu dijaga???? Terumbu karang perlu dijaga agar ekosistem terumbu karang tidak rusak, terumbu karang merupakan habitat utama dari ikan di laut, selain padang lamun dan Mangrove. Sebagai rumahnya ikan, terumbu karang tentu saja merupakan komponen utama bagi lestarinya kehidupan ikan, tampa terumbu karang ikan-ikan akan berkurang hal ini disebabkan karena ikan tidak memiliki tempat untuk tinggal, mencari makan maupun sebagai tempat pemijahan. Sehingga terumbu karang perlu dijaga agar lestari sehingga menjadikan ikan berlimpah, hal ini tentu akan menguntungkan bagi para nelayan. Dan juga karena terumbu karang dapat mencegah terjadinya “Global Warming”, Mengapa? Karena terumbu karang umumnya seperti tumbuhan, hal ini karena terumbu karang memiliki alga, yang mana alga ini melangsungkan proses fotosintesis, seperti halnya tumbuhan, alga mengambil CO2 dari lingkungan lalu mengeluarkan O2 sehingga mengurangi terjadinya efek rumah kaca.
Apa yang menyebabkan sehingga terumbu karang harus dijaga dan dilestarikan???Terumbu karang perlu dilestarikan agar terumbu karang tidak rusak, karena terumbu karang memiliki banyak sekali manfaat bagi kehidupan manusia. Seperti menyediaakan ikan bagi nelayan karena terumbu karang merupakan rumah bagi ikan, mengurangi karbon oksida di lingkugan sehingga mebantu dalam mencegah tejadinya global warming, mencegah terjadinya abrasi pantai, di jadikan sebegai salah satu modal wsata bahari dan juga ketika terjadi bencana seperti tsunami, terumbu karang dapat menahan ombak.Terumbu karang memiliki banyak sekali manfaat bagi kehidupan manusia sehingga perlu untuk dijaga dan dilestarikan.
Kami kan tidak tinggal di daerah pesisir jadi untuk apa kami menjaga ekosistem terumbu karang??? Walaupun tidak tinggal didaerah pesisir tapi kita juga memerlukan ikan, ikan ini asalnya dari pesisir…..Jika ekosistem terumbu karang rusak, paka para nelayan akan kesulitan mendapatkan ikan, hal ini akan berdampak pada melonjaknya harga ikan, hal ini akan membuat para ibu rumah tangga semakin sulit untuk mengatur keuangan akibat melonjaknya harga. Sehingga walaupun kita tidak tinggal didaerah pesisir tapi kita sangat bergantung kepada apa yang dihasilkan dari laut. Jadi, kehidupan kita tidak lepas dari ekosistem pesisir.
Intinya kita harus menjaga ekosistem terumbu karang agar